Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Jika Orang Memujimu, Bacalah Doa ini!



1. Yunus bin Ubaid رحمه الله berkata : 
"Kami menjenguk Muhammad bin Wasi' yang sedang sakit. Lalu beliau pun berkata :

‏ما يغني ما يقول الناس إذا أخذ بيدي ورجلي فألقيت في النار!

"Pujian manusia tdk ada gunanya jika tangan dan kakiku dibelenggu, lalu aku dilemparkan ke Neraka" (Tarikh Dimasyq 56/16/72)

2. Bisyr bin Harits al-Hafy رحمه الله berkata :

لا تعمل لتُذكر، اكتم الحسنة كما تكتم السيئة

"Jangan beramal agar engkau mendapatkan pujian, sembunyikan kebaikan sebagaimana engkau menyembunyikan keburukan" (Siyar A’laamin Nubalaa' X/476)

3. Sufyan bin Uyainah رحمه الله berkata :

ليس يضر المدح من عرف نفسه 

"Orang yg tahu diri tidak akan terbahayakan (tertipu) oleh pujian" (Shifatush Shafwah II/557)

4. Al-Fudhail bin Iyadh رحمه الله berkata :

إن قدرت أن لا تُعرف فافعل، وما عليك ألا تُعرف، وما عليك ألا يُثنى عليك، وما عليك أن تكون مذمومًا عند الناس إذا كنت محمودًا عند الله عَزّ وَجَلّ

"Apabila engkau mampu untuk tidak terkenal, maka lakukanlah. Tidak ada ruginya engkau itu tidak dikenal, & tidak ada ruginya engkau itu tidak mendapatkan pujian, dan juga tidak ada ruginya engkau itu dicela oleh manusia, jika engkau itu terpuji di sisi Allah 'Azza wa Jalla" (At-Tawadhu' wal Khumul hal 43 oleh Abu Bakar al-Qurasyi)

5. Jika orang memujimu, maka berdoalah :

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى، وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ، وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ، وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

"Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri, dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangka, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka"
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *