Manaqib Al Imam Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad
Sekilas Biografi Al-Imam Abdullah Al-Hadad (Shohibur Ratib)
Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah
bin Alwy Al-Hadad, lahir hari Rabu, Malam Kamis tanggal 5 Bulan Syafar
1044 H di Desa Sabir di Kota Tarim, wilayah Hadhromaut, Negeri Yaman.
Nasab
Beliau adalah seorang Imam
Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Hadad bin Muhammad bin Ahmad
bin Abdullah bin Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Abu Bakar Al–Thowil bin
Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad Al-Faqih bin Abdurrohman bin
Alwy bin Muhammad Shôhib Mirbath bin Ali Khôli’ Qosam bin Alwi bin
Muhammad Shôhib Shouma’ah bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Muhâjir Ilallôh
Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqîb bin Ali Al-Uraidhi bin Imam Jakfar
Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Imam As-Sibth
Al-Husein bin Al-Imam Amirul Mukminin Ali bin Abi Tholib suami Az-Zahro
Fathimah Al-Batul binti Rosulullah Muhammad SAW.
Orang-tuanya
Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad,
Ayah Syaikh Abdullah Al-Haddad dikenal sebagai seorang yang saleh.
Lahir dan tumbuh di kota Tarim, Sayyid Alwy, sejak kecil berada di bawah
asuhan ibunya Syarifah Salwa, yang dikenal sebagai wanita ahli ma’rifah
dan wilayah. Bahkan Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad sendiri banyak
meriwayatkan kekeramatannya. Kakek Al-Haddad dari sisi ibunya ialah
Syaikh Umar bin Ahmad Al-Manfar Ba Alawy yang termasuk ulama yang
mencapai derajat ma’rifah sempurna.
Suatu hari Sayyid Alwy bin
Muhammad Al-Haddad mendatangi rumah Al-Arif Billah Syaikh Ahmad bin
Muhammad Al-Habsy, pada waktu itu ia belum berkeluarga, lalu ia meminta
Syaikh Ahmad Al-Habsy mendoakannya, lalu Syaikh Ahmad berkata
kepadanya, ”Anakmu adalah anakku, di antara mereka ada keberkahan”.
Kemudian ia menikah dengan cucu Syaikh Ahmad Al-Habsy, Salma binti
Idrus bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Al-Habib Idrus adalah saudara
dari Al-Habib Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Yang mana Al-Habib
Husein ini adalah kakek dari Al-Arifbillah Al-Habib Ali bin Muhammad
bin Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy (Mu’alif Simtud Durror). Maka
lahirlah dari pernikahan itu Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad. Ketika Syaikh Al-Hadad lahir ayahnya berujar, “Aku
sebelumnya tidak mengerti makna tersirat yang ducapkan Syaikh Ahmad
Al-Habsy terdahulu, setelah lahirnya Abdullah, aku baru mengerti, aku
melihat pada dirinya tanda-tanda sinar Al-wilayah (kewalian)”.
Masa Kecil
Dari semenjak kecil begitu banyak
perhatian yang beliau dapatkan dari Allah. Allah menjaga pandangan
beliau dari segala apa yang diharomkan. Penglihatan lahiriah Beliau
diambil oleh Allah dan diganti oleh penglihatan batin yang jauh yang
lebih kuat dan berharga. Yang mana hal itu merupakan salah satu
pendorong beliau lebih giat dan tekun dalam mencari cahaya Allah
menuntut ilmu agama.
Pada umur 4 tahun beliau terkena
penyakit cacar sehingga menyebabkannya buta. Cacat yang beliau derita
telah membawa hikmah, beliau tidak bermain sebagaimana anak kecil
sebayanya, beliau habiskan waktunya dengan menghapal Al-Quran,
mujahaddah al-nafs (beribadah dengan tekun melawan hawa nafsu) dan
mencari ilmu. Sungguh sangat mengherankan seakan-akan anak kecil ini
tahu bahwa ia tidak dilahirkan untuk yang lain, tetapi untuk mengabdi
kepada Allah SWT.
Dakwahnya
Berkat ketekunan dan akhlakul
karimah yang beliau miliki pada saat usia yang sangat dini, beliau
dinobatkan oleh Allah dan guru-guru beliau sebagai da’i, yang menjadikan
nama beliau harum di seluruh penjuru wilayah Hadhromaut dan mengundang
datangnya para murid yang berminat besar dalam mencari ilmu. Mereka ini
tidak datang hanya dari Hadhromaut tetapi juga datang dari luar
Hadhromaut. Mereka datang dengan tujuan menimba ilmu, mendengar nasihat
dan wejangan serta tabarukan (mencari berkah), memohon doa dari Al-Habib
Abdullah Al-Haddad. Di antara murid-murid senior Al-Habib Abdullah
Al-Haddad adalah putranya, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Alwy
Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Zein bin Alwy bin Ahmad bin Muhammad
Al-Habsy, Al-Habib Ahmad bin Abdullah Ba-Faqih, Al-Habib Abdurrohman bin
Abdullah Bilfaqih, dll.
Selain mengkader pakar-pakar ilmu
agama, mencetak generasi unggulan yang diharapkan mampu melanjutkan
perjuangan kakek beliau, Rosullullah SAW, beliau juga aktif merangkum
dan menyusun buku-buku nasihat dan wejangan baik dalam bentuk kitab,
koresponden (surat-menyurat) atau dalam bentuk syair sehingga banyak
buku-buku beliau yang terbit dan dicetak, dipelajari dan diajarkan,
dibaca dan dialihbahasakan, sehingga ilmu beliau benar-benar ilmu yang
bermanfaat. Tidak lupa beliau juga menyusun wirid-wirid yang
dipergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bermanfaat untuk
agama, dunia dan akhirat, salah satunya yang agung dan terkenal adalah
Rotib ini. Rotib ini disusun oleh beliau dimalam Lailatul Qodar tahun
1071 H.
Akhlaq dan Budi Pekerti
Al-Imam Al-Haddad (rahimahullah)
memiliki perwatakan badan yang tinggi, berdada bidang, tidak terlalu
gempal, berkulit putih, sangat berhaibah dan tidak pula di wajahnya
kesan mahupun parut cacar.
Wajahnya sentiasa manis dan
menggembirakan orang lain di dalam majlisnya. Ketawanya sekadar senyuman
manis; apabila beliau gembira dan girang, wajahnya bercahaya bagaikan
bulan. Majlis kendalian beliau sentiasa tenang dan penuh kehormatan
sehinggakan tidak terdapat hadhirin berbicara mahupun bergerak
keterlaluan bagaikan terletak seekor burung di atas kepala mereka.
Mereka yang menghadhiri ke majlis
Al-Habib bagaikan terlupa kehidupan dunia bahkan terkadang Si-lapar
lupa hal kelaparannya; Si-sakit hilang sakitnya; Si-demam sembuh dari
demamnya. Ini dibuktikan apabila tiada seorang pun yang yang sanggup
meninggalkan majlisnya.
Al-Imam sentiasa berbicara dengan
orang lain menurut kadar akal mereka dan sentiasa memberi hak yang
sesuai dengan taraf kedudukan masing-masing. Sehinggakan apabila
dikunjungi pembesar, beliau memberi haknya sebagai pembesar; kiranya
didatangi orang lemah, dilayani dengan penuh mulia dan dijaga hatinya.
Apatah lagi kepada Si-miskin.
Beliau amat mencintai para
penuntut ilmu dan mereka yang gemar kepada alam akhirat. Al-Habib tidak
pernah jemu terhadap ahli-ahli majlisnya bahkan sentiasa diutamakan
mereka dengan kaseh sayang serta penuh rahmah; tanpa melalaikan beliau
dari mengingati Allah walau sedetik. Beliau pernah menegaskan “Tiada seorang pun yang berada dimajlisku mengganguku dari mengingati Allah”.
Majlis Al-Imam sentiasa dipenuhi
dengan pembacaan kitab-kitab yang bermanfaat, perbincangan dalam soal
keagamaan sehingga para hadhirin sama ada yang alim ataupun jahil tidak
akan berbicara perkara yang mengakibatkan dosa seperti mengumpat ataupun
mencaci. Bahkan tidak terdapat juga perbicaraan kosong yang tidak
menghasilkan faedah. Apa yang ditutur hanyalah zikir, diskusi keagamaan,
nasihat untuk muslimin, serta rayuan kepada mereka dan selainnya supaya
beramal soleh. Inilah yang ditegaskan oleh beliau “Tiada
seorang pun yang patut menyoal hal keduniaan atau menyebut tentangnya
kerana yang demikian adalah tidak wajar; sewajibnya masa diperuntuk
sepenuhnya untuk akhirat sahaja. Silalah bincang perihal keduniaan
dengan selain dariku.”
Al-Habib (rahimahullah) adalah
contoh bagi insan dalam soal perbicaraan mahupun amalan; mencerminkan
akhlak junjungan mulia dan tabiat Al-Muhammadiah yang mengalir dalam
hidup beliau. Beliau memiliki semangat yang tinggi dan azam yang kuat
dalam hal keagamaan. Al-Imam juga sentiasa menangani sebarang urusan
dengan penuh keadilan dengan menghindari pujian atau keutamaan dari
oramg lain; bahkan beliau sentiasa mempercepatkan segala tugasnya tanpa
membuang masa. Beliau bersifat mulia dan pemurah lebih-lebih lagi di
bulan Ramadhan. Ciri inilah menyebabkan ramai orang dari pelusuk kampung
sering berbuka puasa bersama beliau di rumahnya dengan hidangan yang
tidak pernah putus semata mata mencari barakah Al-Imam.
Al-Imam menyatakan “Sesuap makanan yang dihadiahkan atau disedekahkan mampu menolak kesengsaraan”. Katanya lagi “Kiranya
ditangan kita ada kemampuan, nescaya segala keperluan fakir miskin
dipenuhi, sesungguhnya permulaan agama ini tidak akan terdiri melainkan
dengan kelemahan Muslimin”.
Beliau adalah seorang yang
memiliki hati yang amat suci, sentiasa sabar terhadap sikap buruk dari
yang selainnya serta tidak pernah merasa marah. Kalaupun ia memarahi,
bukan kerana peribadi seseorang tetapi sebab amalan mungkarnya yang
telah membuat Al-Imam benar-benar marah. Inilah yang ditegaskan oleh
Al-Habib“Adapun segala kesalahan berkait dengan hak aku, aku telah maafkan; tetapi hak Allah sesungguhnya tidak akan dimaafkan”.
Al-Imam amatlah menegah dari
mendoa’ agar keburukan dilanda orang yang menzalimi mereka. Sehingga
bersama beliau terdapat seorang pembantu yang terkadangkala melakukan
kesilapan yang boleh menyebabkan kemarahan Al-Imam. Namun beliau menahan
marahnya; bahkan kepada si-Pembantu itu diberi hadiah oleh Al-Habib
untuk meredakan rasa marah beliau sehinggakan pembantunya berkata:“alangkah baiknya jika Al-Imam sentiasa memarahiku”.
Segala pengurusan hidupnya
berlandaskan sunnah; kehidupannya penuh dengan keilmuan ditambah pula
dengan sifat wara’. Apabila beliau memberi upah dan sewa sentiasa dengan
jumlah yang lebih dari asal tanpa diminta. Kesenangannya adalah membina
dan mengimarahkan masjid. Di Nuwaidarah dibinanya masjid bernama
Al-Awwabin begitu juga, Masjid Ba-Alawi di Seiyoun, Masjid Al-Abrar di
As-Sabir, Masjid Al-Fatah di Al-Hawi, Masjid Al-Abdal di Shibam, Masjid
Al-Asrar di Madudah dan banyak lagi.
Diantara sifat Al-Imam termasuk
tawaadu’ (merendah diri). Ini terselah pada kata-katanya, syair-syairnya
dan tulisannya. Al-Imam pernah mengutusi Al-Habib Ali bin Abdullah
Al-Aidarus. “Doailah untuk saudaramu ini yang lemah semoga diampuni Allah”
Wafatnya
Beliau wafat hari Senin, malam
Selasa, tanggal 7 Dhul-Qo’dah 1132 H, dalam usia 98 tahun. Beliau
disemayamkan di pemakaman Zambal, di Kota Tarim, Hadhromaut, Yaman.
Semoga Allah melimpahkan rohmat-Nya kepada beliau juga kita yang
ditinggalkannya.
Habib Abdullah Al Haddad dimata Para Ulama
Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam Habib Umar bin Abdurrohman Al-Athos ra. mengatakan, “Al-Habib
Abdullah Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman
ini, sebab beliau termasuk orang terdahulu, hanya saja ditunda
kehidupan beliau demi kebahagiaan umat di zaman ini (abad 12 H)”.
Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Idrus ra. mengatakan, “Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah Sultan seluruh golongan Ba Alawy”.
Al-Imam Arifbillah Muhammad bin Abdurrohman Madehej ra. mengatakan, “Mutiara
ucapan Al-Habib Abdullah Al-Haddad merupakan obat bagi mereka yang
mempunyai hati cemerlang sebab mutiara beliau segar dan baru, langsung
dari Allah SWT. Di zaman sekarang ini kamu jangan tertipu dengan
siapapun, walaupun kamu sudah melihat dia sudah memperlihatkan banyak
melakukan amal ibadah dan menampakkan karomah, sesungguhnya orang zaman
sekarang tidak mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak berhubungan
(kontak hati) dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah SWT telah
menghibahkan kepada beliau banyak hal yang tidak mungkin dapat diukur.”
Al-Imam Abdullah bin Ahmad Bafaqih ra. mengatakan, “Sejak
kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad bila matahari mulai menyising,
mencari beberapa masjid yang ada di kota Tarim untuk sholat sunnah 100
hingga 200 raka’at kemudian berdoa dan sering membaca Yasin sambil
menangis. Al-Habib Abdullah Al-Haddad telah mendapat anugrah (fath) dari
Allah sejak masa kecilnya”.
Sayyid Syaikh Al-Imam Khoir
Al-Diin Al-Dzarkali ra. menyebut Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai
fadhillun min ahli Tarim (orang utama dari Kota Tarim).
Al-Habib Muhammad bin Zein bin Smith ra. berkata, “Masa
kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah masa kecil yang unik. Uniknya
semasa kecil beliau sudah mampu mendiskusikan masalah-masalah sufistik
yang sulit seperti mengaji dan mengkaji pemikiran Syaikh Ibnu Al-Faridh,
Ibnu Aroby, Ibnu Athoilah dan kitab-kitab Al-Ghodzali. Beliau tumbuh
dari fitroh yang asli dan sempurna dalam kemanusiaannya, wataknya dan
kepribadiannya”.
Al-Habib Hasan bin Alwy bin Awudh Bahsin ra. mengatakan, “Bahwa Allah telah mengumpulkan pada diri Al-Habib Al-Haddad syarat-syarat Al-Quthbaniyyah.”
Al-Habib Abu Bakar bin Said
Al-Jufri ra. berkata tentang majelis Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai
majelis ilmu tanpa belajar (ilmun billa ta’alum) dan merupakan kebaikan
secara menyeluruh. Dalam kesempatan yang lain beliau mengatakan, “Aku
telah berkumpul dengan lebih dari 40 Waliyullah, tetapi aku tidak
pernah menyaksikan yang seperti Al-Habib Abdullah Al-Haddad dan tidak
ada pula yang mengunggulinya, beliau adalah Nafs Rohmani, bahwa Al-Habib
Abdullah Al-Haddad adalah asal dan tiada segala sesuatu kecuali dari
dirinya.”
Seorang guru Masjidil Harom dan Nabawi, Syaikh Syihab Ahmad al-Tanbakati ra. berkata, “Aku
dulu sangat ber-ta’alluq (bergantung) kepada Sayyidi Syaikh Abdul Qodir
Al-Jailani. Kadang-kadang dia tampak di hadapan mataku. Akan tetapi
setelah aku ber-intima’ (condong) kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad,
maka aku tidak lagi melihatnya. Kejadian ini aku sampaikan kepada
Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Beliau berkata,’Syaikh Abdul Qodir
Al-Jailani di sisi kami bagaikan ayah. Bila yang satu ghoib (tidak
terlihat), maka akan diganti dengan yang lainnya. Allah lebih
mengetahui.’ Maka semenjak itu aku ber-ta’alluq kepadanya.”
Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi
ra. seorang murid Al-Habib Abdullah Al-Haddad yang mendapat mandat
besar dari beliau, menyatakan kekagumannya terhadap gurunya dengan
mengatakan, ”Seandainya
aku dan tuanku Al-Habib Abdullah Al-Haddad ziaroh ke makam, kemudian
beliau mengatakan kepada orang-orang yang mati untuk bangkit dari
kuburnya, pasti mereka akan bangkit sebagai orang-orang hidup dengan
izin Allah. Karena aku menyaksikan sendiri bagaimana dia setiap hari
telah mampu menghidupkan orang-orang yang bodoh dan lupa dengan cahaya
ilmu dan nasihat. Beliau adalah lauatan ilmu pengetahuan yang tiada
bertepi, yang sampai pada tingkatan Mujtahid dalam ilmu-ilmu Islam, Iman
dan Ihsan. Beliau adalah mujaddid pada ilmu-ilmu tersebut bagi penghuni
zaman ini. ”
Syaikh Abdurrohman Al-Baiti ra.
pernah berziaroh bersama Al-Habib Abdullah Al-Haddad ke makam Sayidina
Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali Ba’Alawy, dalam hatinya terbetik
sebuah pertanyaan ketika sedang berziaroh, “Bila
dalam sebuah majelis zikir para sufi hadir Al-Faqih Al-Muqaddam, Syaikh
Abdurrohman Asseqaff, Syaikh Umar al-Mukhdor, Syaikh Abdullah Al-Idrus,
Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, dan yang semisal setara dengan mereka,
mana diantara mereka yang akan berada di baris depan? Pada waktu itu
guruku, Al-Habib Abdullah Al-Haddad, menyingkap apa yang ada dibenakku,
kemudian dia mengatakan, ‘Saya adalah jalan keluar bagi mereka, dan
tiada seseorang yang bisa masuk kepada mereka kecuali melaluiku.’
Setelah itu aku memahami bahwa beliau Al-Habib Abdullah Al-Haddad,
adalah dari abad 2 H, yang diakhirkan kemunculannya oleh Allah SWT pada
abad ini sebagai rohmat bagi penghuninya.”
Al-Habib Ahmad bin Umar bin Semith ra. mengatakan, “Bahwa
Allah memudahkan bagi pembaca karya-karya Al-Habib Abdullah Al-Haddad
untuk mendapat pemahaman (futuh), dan berkah membaca karyanya Allah
memudahkan segala urusannya agama, dunia dan akhirat, serta akan diberi
‘Afiat (kesejahteraan) yang sempurna dan besar kepadanya.”
Al-Habib Thohir bin Umar Al-Hadad ra. mengatakan, “Semoga
Allah mencurahkan kebahagiaan dan kelapangan, serta rezeki yang halal,
banyak dan memudahkannya, bagi mereka yang hendak membaca karya-karya
Al-Quthb Aqthob wal Ghouts Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad ra.”
Al-Habib Umar bin Zain bin Semith
ra. mengatakan bahwa seseorang yang hidup sezaman dengan Al-Habib
Abdullah Al-Haddad ra., bermukim di Mekkah, sehari setelah Al-Habib
Abdullah Al-Haddad wafat, ia memberitahukan kepada sejumlah orang bahwa
semalam beliau ra. sudah wafat. Ketika ditanya darimana ia
mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap
hari, siang dan malam, saya melihat beliau selalu datang berthowaf
mengitari Ka’bah (padahal beliau berada di Tarim, Hadhromaut). Hari ini
saya tidak melihatnya lagi, karena itulah saya mengetahui bahwa beliau
sudah wafat.”
Karya-karyanya
Beliau meninggalkan kepada umat
Islam khazanah ilmu yang banyak, yang tidak ternilai, melalui
kitab-kitab dan syair-syair karangan beliau. Antaranya ialah:
1. An-Nashaa’ih Ad-Dinniyah Wal-Washaya Al-Imaniyah.
2. Ad-Dakwah At Tammah.
3. Risalah Al-Mudzakarah Ma’al-Ikhwan Wal-Muhibbin.
4. Al Fushuul Al-Ilmiyah.
5. Al-Hikam.
6. Risalah Adab Sulukil-Murid.
7. Sabilul Iddikar.
8. Risalah Al-Mu’awanah.
9. Ittihafus-Sa’il Bi-Ajwibatil-Masa’il.
10. Ad-Durrul Manzhum Al-Jami’i Lil-Hikam Wal-Ulum.